Home » , , , » Tutorial Cara Mudah Compile Dan Decompile File Framework-res.apk Android dengan APK Tool

Tutorial Cara Mudah Compile Dan Decompile File Framework-res.apk Android dengan APK Tool

Tutorial Cara Mudah Compile Dan Decompile File Framework-res.apk Android dengan APK Tool - Jika agan-agan demen dengan otak-atik Android pada interface atau tampilan Android, tentu saja tidak pernah melupakan dengan salah satu File Framework-res.apk yang tersedia pada folder/system/framework/. Beberapa trik tips untuk melakukan edit file framework-res.apk memerlukan compile/decompile sebelum proses edit dan dipakai. Nah, sekarang admin ingin memberitahukan cara mudah untuk compaile dan decompile pada File Framework-res.apk Android dengan APK Tool.

Di bawah ini ada beberapa langkah untuk Compile Dan Decompile File Framework-res.apk Android :
  1. Langkah pertama kali yang harus kamu kerjakan adalah download terlebih dahulu file APKTOOL DI SINI. Ekstrak ke sebuah folder.
  2. Selanjutnya silahkan kamu masukkan file framework-res.apk pada folder tersebut. Dan silahkan juga buat copy backup dari framework-res.apk, lalu silahkan kamu kasih nama framework-res1.apk
  3. Kemudian silahkan kamu Open Command Prompt.bat yang terdapat dalam folder itu. Lalu ketik : apktool if framework-res.apk
  4. Lalu silahkan kamu ketik : apktool d framework-res.apk
  5. Maka akan terbentuk sebuah folder framework-res seperti screenshot dibawah ini
    framework-res.apk
  6. Sekarang pada folder framework-res telah berisi file-file yang sudah di decompile sehingga dapat kamu lakukan edit. Edit tersebut dapat dengan mengganti gambar, merubah file XML, dan lain-lainnya. Sebagai contoh file XML yang apabila di Open langsung melalui framework-res.apk tanpa di decompile terlebih dahulu tidak mungkin dapat di baca. Apabila telah di decompile seperti ini file XML yang ada pada framework-res.apk akan bisa terbaca dan kamu Open bahkan dengan notepad.
  7. Apabila kamu telah melakukan proses Edit lalu silahkan kamu ketik : apktool b framework-res   (tanpa .apk). ini akan membutuhkan durasi waktu yang lumayan lama.
  8. Berhubung telah cukup lama berada pada folder framework-res akan terbentuk sebuah folder baru bernama build dan dist. File framework-res.apk pada folder dist tidak dapat dipakai langsung pada Android kamu karena itu adalah unsigned apk.
  9. Kemudian, kamu open folder build>apk. Lalu open file framework-res1.apk (file backup) dengan WinRAR. Pada langkah ini kamu akan melakukan overwrite/replace file.
  10. Silahkan kamu geser file resources.arsc di folder build>apk ke framework-res1.apk.
    compile apktool
    Apabila muncul konfirmasi Add and Replace silahkan kamu langsung klik OK
  11. Lalu kamu ingat file apa saja yang telah mengalami edit, pada langkah point 6. File-file tersebut tinggal di overwrite sesuai dengan folder di framework-res.apk. Contohnya tadi melakukan edit pada folder res-drawable. Untuk itu file yang ada di build-apk-res-drawable tinggal digeser ke framework-res.apk-res-drawable.
  12. Apabila telah di edit, silahkan kamu ganti nama framework-res1.apk menjadi framework-res.apk. Selanjutnya kamu tinggal di masukkan ke Android kamu.
Semoga Tutorial Cara Mudah Compile Dan Decompile File Framework-res.apk Android dengan APKTool bermanfaat untuk kamu.

PERHATIAN :
" Admin tidak bertanggung jawab jikalau timbul kejadian yang tidak diinginkan pada Android kamu. Dan untuk peringatan saja, kesalahan melakukan Edit file framework-res.apk bisa mengakibatkan Bootloop. "







2 comments:

  1. Kalo bikin config.xml overlay yg kayak di cyanogenmod itu gimana gan?

    ReplyDelete
  2. password mediafire nya apa gan ??

    ReplyDelete